Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.( Yohanes 15 : 16 )

Monday, March 14, 2011

DOA


Apa arti berdoa dengan iman itu? Apakah meminta yang kita kehendaki atau yang kita perlukan? Saya jadi teringat kisah yang menginspirasi saya mengenai cara berdoa kepada TUHAN.

Suatu hari seorang anak mendatangi ibunya dengan ceria...

Anak : Mami, tahun ini aku berulang-tahun ke-17, bolehkah aku mengadakan pesta?
Mami : Boleh, Sayang.
Anak : Asyik, bolehkah aku mengundang seluruh kawan - kawanku?
Mami : Ide bagus. Boleh.
Anak : Horeeee... Mami baik deh. Bolehkah aku pesta di restoran mahal?
Mami : Untuk anak tercinta Mami, bolehhh...
Anak : Mami hebat! Bolehkah aku memakai baju yang mewah?
Mami : Karena itu hari ulangtahunmu ya tentu saja boleh
Anak : Wah, aku cinta deh sama Mami. Bolehkah di pesta itu aku memakai lipstik?
Mami : tidak boleh. Anak : Loh, koq tidak boleh? Kan aku sudah 17 tahun? Masa` masih tidak boleh?
Mami : Tidak, tidak boleh.
Anak : Aaaaah, nggak asyik. Mami jahat. Mami ketinggalan zaman. Mami tidak sayang aku. Aku juga tidak sayang pada Mami. Huaaaaa....
Mami : Husss, diamlah! Sekali mami bilang tidak boleh, tetap tidak boleh, Bambang !

Bagi saya pribadi, doa itu sederhana. Sebagai anak, kita berhak meminta apa saja yang kita kehendaki kepada Bapa. Tetapi sebagai Bapa, TUHAN berhak mengabulkan apa yang dianggapNya terbaik bagi kita. Seperti doa yang diteladankan Yesus (Matius 26:39b) ... janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.


Yohanes 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya

Kapan TUHAN menjawab doa kita?
Kau menjawab doaku pada waktu terbaikMu

Mengapa kita percaya TUHAN bisa mendengar doa kita?
S'bab telingaMu TUHAN tak kurang tajam untuk mendengar suaraku

Bagaimana cara TUHAN menjawab doa kita?
Kau menjawab doaku dengan cara terbaikMu

Mengapa kita percaya TUHAN sanggup menolong kita?
Kar'na tanganMu TUHAN tak kurang panjang untuk menolong diriku

Bagaimana cara berdoa yang baik?
Segala yang kupinta dengan iman, kubersyukur atasnya snantiasa

Mengapa kita dapat terus berdoa?
S'bab ku pasti menerima keajaiban di dalam kuasa doa

Bagaimana meresponi jawaban TUHAN dengan baik?
Berkat yang KAU adakan di hidupku, ku memuji namaMu selamanya

Mengapa kita memberikan respon yang baik terhadap semua jawaban TUHAN?
S'bab kupasti menerima tiap janjiMu sampai sepanjang masa

No comments: